Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari 2012

Perjalanan Ke Gontor Putri 3

Owh.... Jum'at siang itu.....


Aku berangkat menuju tempat adik2ku berjuang. Di Gontor Putri 3, Karangbanyu, Widodaren, Ngawi. Jauuuuhh..... Puol... Yah... aku ingin melihat keadaan adikku di sana. Semoga mereka baik2 saja dan mereka bisa belajar dengan baik dan mendapatkan pendidikan yang sangat banyak. Mumpung hari2 ini masih kosong dan para santri sedang belajar untuk persiapan ujian tulis, ya... kenapa nggak. Sama, di gontor putri juga sedang hari2 belajar dan belum memulai untuk ujian. Perjalanan sungguh jauh. Aku sendiri masih mikir2 sebelum berangkat gara2 saat itu aku dalam keadaan seperempat sakit kepala. Sakit kepalanya nih, sisa dari sakit kepala 2 hari yang lalu yang pas sebelum UAS (seperti yang kuceritakan sebelumnya). Ok lah! Bismillah. Yakin semua akan baik-baik saja. Everything is Gonna be Okay!. Sebelum berangkat aku makan sop kikil dulu di warung lalu naik bis. Perjalanan dimulai....
Pertama naik, untung ada tempat duduk. Tapi, yang duduk di depanku nyalain AC. W…

UAS Telah Usai....

Alhamdulillah.............
Kemarin malam, Ujian Akhir Semester Genap telah berakhir. Di semester 2 ini, aku telah melangkah lebih baik dari semester 1 lalu. Tapi, entah aku akan melanjutkan perjuangan semester 2 ini sampai S1 ataukah keluar pondok dengan tujuan yang telah kurencanakan dengan orang tuaku. Allah yang Maha Tahu dan aku hanya bisa berdo'a plus Tawakkal.
banyak hal yang terjadi saat ujian. Hal itu selalu kurasakan setiap aku menjalani ujian. Pertama, karena soalnya mudah, aku fokus terhadap lembar jawaban dan mengisinya sampai selesai. Kedua, aku tak bisa mengerjakan soal entah soal pertama atau kedua, yang pasti soal yang tak bisa kukerjakan ini menghambatku untuk mengerjakan soal. Otomatis tanganku terhenti dari mengerjakan soal. Lalu apa yang kulakukan? Menoleh ke kanan ke kiri, ke depan tapi ngga ke belakang heheheh. Yang kulihat, teman2 semesterku tetap mengerjakan soal dan fokus pada lembar jawaban. Ketiga, Saat aku melihat teman2ku yang tetap fokus mengerjakan s…

Aku dan Kursi Guru

Allahu Akbar!
Hari ini, Rabu, 7 Juni 2012, adalah hari terakhir bagiku untuk mengajar di Pondok Modern Gontor 3 darul Ma'rifat. Seketika aku melaksanakan sujud syukur usai Sholat Dzuhur tadi siang. Meski belum pasti aku masih terus mengabdi di Bumi Darul Ma'rifat ini atau keluar untuk tujuan yang telah direncanakan olehku dan orang tua. Mungkin aku harus lebih beristikharah lagi agar Allah memberiku petunjuk lewat apapun itu bahkan lewat hatiku sendiri.
Banyak sekali hal-hal yang terjadi minggu ini. Hari selasa kemarin adalah hari di mana untuk pertama dan terakhir kalinya (mungkin) aku mendudukkan diriku di atas kursi Guru. Seumur-umur, baru sekali ini aku duduk di atas kursi guru. Saat calon pelajar, tak terpikir olehku untuk duduk di atas kursi guru. Tapi saat menginjak ke kelas 1 KMI, aku mulai melihat banyak teman-temanku yang duduk di atas kursi guru saat guru tidak ada atau bahkan saat tidak masuk kelas. Perilaku mereka membuatku ingin sekali mencoba bagaimana rasanya d…

Mendekati Ujian

Lama tak nge-Blog....

Wah.. kayaknya gue harus ngebiasain diri untuk ngeblog nih biar update terus blognya. No Problem.
Yups.... Di pondok, ujian akhir tahun untuk para santri makin lama makin dekat. Belajar secara terbimbing mulai diperketat dan waktunya pun juga ditambah. Dibarengi dengan semangat para guru yang terus mengiringi santrinya agar tetap semangat dalam belajar. Semua saling berusaha dan membantu. Santri berusaha dan berdo'a untuk kesuksesannya dan guru hanya bisa membimbing belajar serta mendo'akan santri-santrinya. That's right. itulah yang kualami. Semoga hal ini berkelanjutan sampai tahun-tahun berikutnya dan sampai kiamat sekalipun. Jika tidak, hancur gontor.

Lika-liku kegiatan belajar mengajar pasti kualami dan sebelum-sebelumnya telah kuceritakan di artikel tentang mengajar. Sungguh sedih jika tidak diperhatikan oleh murid saat mengajar. Wuiiiihhh..... lebih-lebih kalau muridnya ngejek gurunya dari belakang. Bener2 bikin muak. Banyak dari guru2 yang men…

Aku dan Teman lamaku

Waktu itu.................. Aku menginjakkan kakiku setelah turun dari Bis tepat di depan gerbang sebuah Institusi Pendidikan. Gontor. Gontor 2 Siman Ponorogo. Kala itu, aku terkagum-kagum dan tak ada rasa ragu bagiku untuk mendalami ilmu di dalamnya. Perlahan kumasuki area Gontor 2 melalui gerbang bersama Ayahku. Wow... kulihat banyak bangunan megah. Inikah asramanya...??? aku mulai membayangkan bagaimana aku nanti saat di asrama ya..?? hahahaa... Karena lapar, kami mencari warung di dalam pondok. Ada! untung nasi masih tersedia. Kami makan dengan lahapnya. Setelah itu, melakukan pendaftaran dan menuju kamar yang akan kuhuni nanti. Saat aku masuk, ternyata sudah ada banyak orang yang datang. Tujuan mereka sama sepertiku. menuntut Ilmu. Yah... mereka adalah teman-teman sekamarku nantinya. Sebagian dari mereka ada yang masih bersama orang tua, almari dibereskan orang tua, semua orang tua. Tapi, ada juga yang awalnya datang sendiri dan segalanya ia sendiri. Sungguh perjuangan. sejak aw…

Koin Baru

Sebulan yang lalu, sampailah ke tanganku sebuah koin yang belum pernah aku lihat sebelumnya. Ya! Koin seribu rupiah terbaru... hahaha... aku teringat sesuatu. Saat aku pertama kali melihat pertama kalai uang koin seratus rupiah dan dua ratus rupiah. Itu terjadi saat aku masih duduk di bangku sekolah dasar. Masih segar dalam ingatan, Waktu itu aku dan temanku ingin membeli makanan di kantin sekolah dan mendapat uang kembalian dua ratus rupiah tapi dalam bentuk satu koin. Lantas, kami heran. Apakah ini uang baru? Spontan ibu penjual di kantin berkata,"itu uang baru, nak! nggak apa....". Owh... kami kira itu uang palsu. Hahahaaaa....

Facebook, in it use..

FACEBOOK sepertinya sudah tidak asing lagi di telingaku. Begitu pula orang-orang yang melihat komputer plus internet di kehidupan sekelilingnya. Kalaupun dia bilang "aku nggak punya facebook dan nggak akan punya", itu terserah dia. Lama kelamaan dia akan kepingin punya facebook. Dasar anak muda.... Hahahaaa..... Mumpung masih muda.
Kebanyakan, orang yang punya facebook menuliskan keluh kesahnya di facebooknya sehingga semua temannya tahu apa yang ia pikirkan saat itu. Memang bagus. Tapi, alangkah baiknya jika berbagi sesuatu yang bermanfaat dan keluh kesahnya pun juga bermanfaat...( emang gue kayak gitu ya..?? ) . Aku sendiri berusaha untuk itu meskipun tak menarik perhatian orang (emang status untuk perhatian orang ? ;( ....). Hahaha... yang paling nggak berarti lagi, saat chattingan isinya cuman nanya "kamu lagi ngapain?", atau "gimana kabarnya?".... menggelikan!
Note : Buat facebookers yang seperti itu jgn tersinggung ya!..

Beberapa moment yang terlewat....

Foto 1 : Saat rekan konsul saya sedang merencanakan suatu acara, kami mesti berkumpul di suatu tempat agar mudah menyetarakan pendapat serta menyelesaikan kendala-kendalanya. Saat saya kelas empat KMI, tempat yang paling sering kami gunakan untuk berkumpul adalah rumah salah satu dari rekan konsulat malang yaitu Hirzul. Tapi, sekarang sudah tidak lagi karena ada beberapa masalah, akhirnya tempat berkumpul berpindah ke rumah Hisyam.


Foto 2 : Hmmm..... Indahnya kota Kediri memang tak seindah Kota Malang. Tapi, apa salahnya jika saya berkunjung ke pusat Kota ini. Saat itu, saya sedang menemani teman untuk suatu keperluan. Karena waktu Sholat Ashar sudah masuk, kami mencari masjid untuk Sholat. Ketemulah Masjid Agung Kediri. Bangunannya yang mega membuat saya terkagum-kagum sampai2 saya sempat mengambi gambar di masjid ini. Dari masjid ini saya bisa melihat ramainya jalan raya yang tiada habis dengan kendaraan serta alun-alun yang tak pernah kosong dengan pejalan kaki dan pedagang kaki …