PERHATIAN!

Blog ini berisi berbagai macam tulisan saya. Untuk memudahkan pencarian, silahkan pilih menu kategori di samping! (Setelah pilihan Editor)

Selamat Membaca!
Reaksikan dan beri komentar!

My Radio Station

Senin, 08 April 2013

Statistik Oh Statistik....


STATISTIK...

Kau bagaikan....

Bulan Purnama yang berselimut kabut putih nan indah

Tapi entah,

Mungkin Tuhan yang berkehendak

Ataukah aku yang terlalu hina

Sehingga di mataku kau bagaikan Matahari dengan api menjilat-jilat

Statistik... Oh Statistik......

Sungguh sebuah keberuntungan karena kau bernama Statistik

Jika namamu matematika,

tentu telah kututup kau dengan lembaran-lembaran daun yang termakan ulat





Wah, gara-gara statistik sampai bikin puisi. Ya begitulah kalau udah pusing sama yang namanya statistik. Apalagi kemarin hampir setengah hari berhadapan dengan statistik. Oh My God! Please deh! Statistik sejam aja udah bikin kepala puyeng.
Untung hal ini terjadi cuman sekali. Kalau terulang kembali, sungguh tak ubahnya diriku ini bak angin yang dikurung dalam penjara kegundahan.


So, BAKAR STATISTIK dengan NILAI "A".

Minggu, 07 April 2013

Bergelut dengan Sosiologi

What do you think about sociology?
Society?
Problem Solving?
Auguste Comte?
Karl Marx?
Max Weber?
and so on???

Wahahahahaaaaa.......
Tak terasa sudah dua semester kulalui (tepatnya satu setengah semester sih) di Sosiologi UMM. Banyak hal kutemukan tentang Sosiologi. Ternyata belajar Sosiologi itu nggak ngebosenin. Dulu aku emang nggak terlalu suka Sosiologi karena terkesan membosankan, tapi nyatanya lumayan menyenangkan. Tokoh2nya bukan hanya beliau2 bertiga yang aku sebutin di atas, tapi super duper banyaaakk.. Orang-orang pasti tahu kalau Auguste Comte itu Bapak Sosiologi. Padahal masih ada satu lagi Bapak Sosiologi yang nggak kalah sangarnya, namanya Emile Durkheim. Yah, selain ilmu, aku menemukan banyak kenalan, teman, relasi bahkan berkenalan dengan dosen-dosen. 
Pulang bareng teman-teman

Satu per satu pengalaman dan memori-memori kegiatan terekam dalam pikiranku. Mulai dari pulang bareng teman-teman, futsal, farewell party yang super gila, sampai UTS dan UAS yang membingungkan. Walhasil, IPku di semester satu hanya sebesar 3,33. IPKnya 3,50. Kecil sekali bagiku karena teman-teman yang dari Gontor IPnya besar semua. Memang harus ada peningkatan mulai dari cara belajar sampai nilai bahkan sofskill.

Pemilihan Ketua Tingkat
Ceritanya, di awal perkuliahan, dosen-dosen kebanyakan nunjuk saya untuk menjadi penanggung jawab kelas buat bikin kelompok atau sebagai CP kelas untuk menerima kabar dari dosen. Lalu, dengan ajakan temanku yang bernama Astriadi Alimuddin dan kemauanku sendiri, kami beranikan diri untuk mencari keberadaan dosen wali kami yang sejak pertama kali masuk kuliah kami berlum bertatap muka sama sekali dengan beliau, Dr. Vina Salviana Darvina Soedarwo, M.Si, karena saat hari pertama masuk kuliah, yang mengisi jam mata kuliah saat itu adalah Bapak Ketua Jurusan Sosiologi, Bpk. Rachmad K. Dwi Susilo, MA yang memperkenalkan pada kami tentang jurusan Sosiologi. Perlahan kami cari nomor kontak Bu Vina dan ketemulah akhirnya. Beliau ternyata aktif di DPPM (Direktorat Penelitian dan Pengembangan Masyarakat). Setelah melalui komunikasi singkat, kami menemui beliau di kanor DPPM dan mendiskusikan soal pertemuan anggota kelas dengan Dosen pembimbing. Saya lupa hari apa, yang jelas kami akhirnya berhasil mengadakat pertemuan itu di Lab. Sosiologi. Saat kami menemui beliau di kantor DPPM, kami mengusulkan bu Vina untuk memberikan sedikit arahan pada kami tentang pandangan
perkuliahan kedepannya dan juga mengadakan pemilihan ketua tingkat (ketua kelas) yang akan mengayomi anggota kelas sampai akhir. Dan.............
Usai pemilihan yang dikandidati oleh 5 orang awalnya dan menjadi 6 orang pada akhirnya atas permintaan teman-teman semua, yaitu Astriadi Alimuddin, Anton Novantius, Sulistyaningsih, Ade Irma Soryani, Adril dan terakhir saya sendiri. Entah apa yang membuat teman-teman berfikir demikian, kenapa saya yang akhirnya menjadi seorang Ketua Tingkat. Tak apalah, itung2 pengalaman. Sekali2 jadi ketua yang penting Enjoy Aja!!! Hehehe....
Semuanya berlalu dengan lika-liku yang membingungkan. Tak terasa tugas semakin menumpuk, materi perkuliahan semakin banyak, banyak keperluan yang membutuhkan biaya pastinya dan WoW! sungguh kuliah yang melelahkan. Seringkali kuliah pasti pulang malam lantaran mengerjakan tugas di kampus (karena ada wifinya), ada kegiatan UKM dan organisasi. Jadi nggak enak nih sama Almh. Ibuku. Saat itu beliau masih ada.
Di awal kegiatan perkuliahan, ada satu kegiatan yang melibatkan semua Mahasiswa baru, yaitu Student Day. Waw....

bersambung ok.....