Postingan

Highlighted

PACARAN, MENIKAH : Sebuah Kebanggaan?

Gambar
Penegasan: Tulisan ini ditulis dengan pola pikir subjektif penulis. Bisa jadi bener, bisa juga nggak bener. Awas ketawa kalau baca!

Ah! Aku ini bukan ahli soal pernikahan. Ngusahain buat nikah aja masih cupu dan nggak jadi. Entah caranya yang salah atau orang-orang di sekitar yang kurang menyetujui, sehingga rasanya sulit banget buat ngelangkah ke jenjang yang serius. Hahaha, sudahlah jih.. jih. Masih diratapin aja. Kayak si dia meratapimu aja, kayak orang-orang lain juga ikut meratapimu aja. Naif!

Di tulisan ini, aku coba berpendapat sebisaku. Karena kecupuanku soal pernikahan, apalagi menghadapi realita di mana tiap minggunya pasti ada teman-temanku yang menikah, atau udah pada mau serius nikahin si doi, juga si dia (si masa laluku) yang juga akan segera dinikahi oleh lelaki yang dicintainya, akhirnya muncul semacam kabut kegelapan dalam pikiranku yang menghasilkan pandangan-pandangan buruk pada sebagianorang yang akan menikah atau bahkan yang masih pacar-pacaran. Aku mulai sinis da…

Ngecat Tembok Orang di Kampung Hijau Kota Batu

Gambar
Keren, jooonn! Satu kata yang terbesit dalam hati dan pikiran saat pertama melihat lukisan karya adek-adekku di salah satu sudut Kampung Hijau di Desa Beji Kota Batu Jawa Timur ini. Mereka (Rahmi Rabbani/Rara, Dhia Amira/Mira, juga teman mereka yang juga satu pondok denganku yaitu Abdurrahman Daud/Daud) dengan asyiknya melukis di tembok rumah warga tanpa nampak rasa lelah.
Sek-sek, tunggu. Ini bukan aku promosi Kampung Hijaunya lho ya, meskipun secara nggak langsung bisa semacam ngepromoin sih, hahaha. Aku cuma ingin ngangkat lukisan mereka aja. Mereka ngecat ntu tembok dalam rangka lomba mural. Deadlinenya pas tadi malem (13/1). Jadi,
ngebutlah mereka. Ceritanya, mereka berkelompok. Unik! Yang mereka gambar itu ada dinosaurus gede, ada yang keluar dari bunga, ada yang berlapis tempe, pokoknya lucu dah! Katanya, temanya sih purbakala.

Di luar nalar sih. Soalnya, waktu mereka tuh mepet. Seingetku, sejak hari Jum'at mereka udah mulai dan nggak lancar gitu aja. Hujan mulu! Udah gitu…

Aku Bukan Kakak yang Baik

Gambar
Tadi malam, aku melakukan hal yang tak bisa dimaafkan untuk seorang kakak. Bagiku, itu sangat tak pantas. Meskipun tak sengaja, tapi, karena perlakuanku yang kurang sabar, akhirnya ada bagian dari tubuh adik bungsuku tersakiti. Seketika ia menangis keras, dan secara reflek, kugendong dia dan menenangkannya, sembari menghibur dan berkali-kali mengelus bagian yang sakit sembari melontarkan perkataan, "sembuh sembuh.. sembuh sembuuh", beserta nada seperti seakan menyanyi namun dengan melodi paling spontan. Aku takut, takut jika terjadi apa-apa pada adikku, dan itu semua salahku. Sembari kutenangkan dia, dan menahan air mata yang semakin memaksa untuk mengalir dari mataku, saat itu juga teringat banyaknya dosa-dosaku pada adik-adikku yang lain. Tak satupun dari mereka yang tak pernah kusakiti saat mereka masih kecil. Ya! Oleh seorang kakak pertama dari 7 bersaudara.

Kuakui, semakin berlalunya waktu, hati dan pikiran manusia juga semakin dewasa. Begitu pula denganku. Dulu, sakin…

PACARAN, MENIKAH: Sebuah Kebanggaan? (bagian 2)

Gambar
Lanjutan...

Eits, tapi tenang. Aku termasuk orang yang percaya kalau Yang Maha Kuasa itu menciptakan makhluk-makhluknya dengan segala kelebihan. Kalau manusia itu mau berusaha, jelas kuat dong. Apalagi nahan perasaan soal cinta-cintaan begini, kecil!

Pernikahan


Siapa sih yang nggak bahagia kalau sudah ada di jenjang serius kayak gini? Menikah, cuy! Kamu dipertemukan dengan lawan jenismu dalam sebuah ikatan kuat, pakai janji suci lagi. Laki-laki, katanya, sampai deg-degan setengah mati kalau mau ijab kabul. Perempuan juga nggak kalah deg-degannnya karena dia akan melepas masa lajang, dan selepas ijab kabul, dia akan hidup bersama lelaki yang berani meminangnya, juga dicintainya, eak!

Semua orang sadar kalau nikah itu acara sakral dan ada sangkut pautnya dengan kehidupan masa depan seseorang. Maka wajar jika mereka ingin pernikahan ini adalah sesuatu yang mereka alami cukup sekali seumur hidup. Pasangannya cukup satu untuk selamanya. Kalau udah kayak gini, yang namanya cinta, kesetiaan, …

Inilah Rasanya Nonton di Bioskop Sendirian

Gambar
Belum pernah nonton di bioskop sendirian?
Hahaha... Selamat! Hidupmu kurang berwarna!
Nonton rame-rame itu udah biasa banget. Seringnya orang-orang mikir kalau nonton ya jangan sendirian. Bisa bareng teman, atau bareng keluarga, atau bareng beloved mas atau mbak pacar (eaaaakk). Dan tiap kali aku mendatangi bioskop, nggak ada tuh yang sendirian. Pasti ada gandengannya, entah teman atau pacar gitu. Aku sendiri aja yang super pede sendirian antre beli tiket, beli paket popcorn sama minum yang paling murah, lalu  meluncur deh ke theatre. Emang paling pedee dah jadi orang. Hahaha. Eits, kenapa aku bilang kurang berwarna? Karena anda belum tahu betapa asyiknya sensasi nonton film sendirian.

Kenapa nonton sendirian, nggak bareng teman atau pacar?

Pertama, karena nggak punya pacar (ini bukan curhatan jomblo ngenes!). Kedua, teman-teman juga lumayan sibuk. Ketiga, I need to entertain myself. Hahaha. Nggak bisa ditahan sudah. Kalau lagi puyeng, menghabiskan waktu dengan diri sendiri, menghibur…

Mencoba Ber-olshop Ria

Gambar
Ngga nyampe 6 hari yang lalu, aku nyoba bikin online shop. Isinya jualan barang-barang yang bisa dicustom seperti casing smartphone, kaos, bahkan kartu e-money sampai power bank juga bisa. Ini bukan karena aku punya alat cetaknya, tapi karena pengen banget bisa punya penghasilan sendiri. Dan olshop yang kunamain "Arraki's Custom Store" ini kubangun melalui investasi sejumlah rupiah yang mungkin lumayan sih buat seorang pengangguran kayak aku ini di sebuah situs dropship. Akhirnya dari sini aku biaa membuka toko online, karena barangnya dari dropshipan. Paling ngga ini bener-bener memberikan peluang buatku yang pemula banget dalam berbisnis.

Memang sih dari 6 hari yang lalu sampai hari ini masih belum ada orderan masuk. Aku masih terus mencoba menelusuri cara-cara ampuh agar olshopku laku keras. Ternyata beginilah susahnya mencari uang. Hahahaha. Penuh perjuangan, bahkan sampai berkorban banyak hal baik waktu, materi, perasaan, tenaga, de el el dah.

Sebenenrya udah ada 1…

Ada yang Salah dalam Pelaksanaan Ied

Gambar
Hari Raya Ied merupakan salah satu momen penting dalam Islam. Ummat Islam di seluruh dunia bersukacita dan melakukan ibadah Sholat Ied yang hanya dilakukan dalam hari Ied di pagi hari. Kedua Hari Ied, Idul Fitri dan Idul Adha, selalu diwarnai dengan takbir yang menggema di mana-mana karena ummat Islam selalu mengumandangkannya di saat hari Ied. Takbir yang diucapkan dengan sepenuh jiwa, terlebih hanya dikumandangkan 2 kali setahun. Hari Ied juga menjadi saat terbaik untuk memperbarui niat, melapangkan hati dan pikiran, bermaaf-maafan serta silaturrahim. Akan kurang rasanya jika salah satunya tak bisa terlaksana karena memang saat yang tepat untuk hal-hal tersebut, juga merupakan cara mengungkapkan sukacita di hari Ied. Namun, ada hal-hal yang bagi saya kurang tepat sebagai cara untuk mengungkapkan kesukacitaan di hari Ied.

Menyalakan petasan bahkan sampai mengganggu warga bagi saya adalah salah satu cara yang kurang tepat dalam mengungkapkan sukacita dalam hari Ied. Tak banyak orang-…