Langsung ke konten utama

How Interesting is Sociology?

I am oftenly asked, "Sociology? What kind of major is that?", with cynical expression. Many people underestimate Sociology as they think that Sociology is not as famous as accountancy, civil engineering, or other prominent major in Indonesia. Sometimes, I feel upset due to their underesimating behaviour. They did not know that sociology is an important discipline which can teach people to understand themselves from any perspective, know deeply their problems and solve their solutions. The problems are the facts that they do not know the essence of Sociology as a knowledge and they do not want to know. I am not sure, but in abroad, Sociology can be the most favourite major that people want to learn. This condition has urged me to give more understanding regarding to Sociology for Indonesian throuh my works like this blog, my videos on YouTube, also my podcast.

Sociology is really interesting. Studying this major will impact to your mind. You will easily aware to any social condition like conflicts, system, norm, value, etc. You will feel uncomfortable if you see anything incorrect around you, for instance, violence or kind of violation in your community, unstable political system which can affect to society's life, or worst community service. So, with your sociological tought, you will conduct some research for further development of your community. Quite challenging, right? And you still argue that sociology is a rubbish thing in people's life? You must be joking!

Oh, I see... You must think that you can not earn money if you were granted degree from Sociology major. You are totally wrong! If you are a pragmatic person who is always thinking about how to earn much money, you might still be able to earn money as much as you want eventhough your major is sociology. You can be a lecturer, researcher in any research institution or government, and you will be paid. But, being a sociologist not just being paid, man! Being Sociologists is more than being paid. They can make a great change in society. By their research, a poor community can be a good quality society. This is the great value of understanding this mother of social sciences.

Nowadays, people's interests in overcoming social problems are tend to be decreased due to some reasons. Perhaps, the first reason is that they are always prioritizing their needs, and ignoring other people's nessecities. Therefore, you will see many people in governments are oftenly corruputing state's money because they just think about their needs. They need money then they steal by corrupting. Such occassion is only a simple real example.

To be continued...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengangkatan mudabbir

note : mudabbir: Pengurus di pondok gontor yang diambil dari kelas 5
rayon : Asrama

Tanggal 15 syawwal 1430 h / 4 Oktober 2009 m

Hehehe..... pengangkatan mudabbir. adalah suatu acara yang ditunggu2 oleh segenap siswa kelas 5. Gimana nggak lha wong itu yang menentukan dia tuh jadi pengurus atau jadi pengangguran gak punya kerjaaan selain ke Masjid dan Insya Allah cuma itu dan gak ada kerjaan lain... tapi beda dengan orang yang otaknya encer dia akan memanfaatkan waktukosong untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat.
Waktu itu aku bareng temen2 ITQAN berangkat bareng dari Gedung Tunis Lantai 2 ke masjid Lantai dua dengan menggunakan baju putih, peci dan celana hitanm serta tak lupa buku tulis dan pena tentunya. Saat yang mendebarkan... Hatiku bertanya2 aku jadi mudabbir ga ya?? kalo iya mudabbir rayon mana??? sedangkan aku sekarang duduk di kelas 5R . Rasanya ga mungkin aku jadi Mudabbir karena untuk memungkinkan jadi Mudabbir itu kelas B sampai N. Dibawah itu proletar semuanya. tah…

Perjalanan Ke Gontor Putri 3

Owh.... Jum'at siang itu.....


Aku berangkat menuju tempat adik2ku berjuang. Di Gontor Putri 3, Karangbanyu, Widodaren, Ngawi. Jauuuuhh..... Puol... Yah... aku ingin melihat keadaan adikku di sana. Semoga mereka baik2 saja dan mereka bisa belajar dengan baik dan mendapatkan pendidikan yang sangat banyak. Mumpung hari2 ini masih kosong dan para santri sedang belajar untuk persiapan ujian tulis, ya... kenapa nggak. Sama, di gontor putri juga sedang hari2 belajar dan belum memulai untuk ujian. Perjalanan sungguh jauh. Aku sendiri masih mikir2 sebelum berangkat gara2 saat itu aku dalam keadaan seperempat sakit kepala. Sakit kepalanya nih, sisa dari sakit kepala 2 hari yang lalu yang pas sebelum UAS (seperti yang kuceritakan sebelumnya). Ok lah! Bismillah. Yakin semua akan baik-baik saja. Everything is Gonna be Okay!. Sebelum berangkat aku makan sop kikil dulu di warung lalu naik bis. Perjalanan dimulai....
Pertama naik, untung ada tempat duduk. Tapi, yang duduk di depanku nyalain AC. W…

LEGALISASI BERKAS SEBELUM STUDI KE LUAR NEGERI

Baca ini biar nggak salah langkah kayak aku!
Biar nggak bolak balik ke Jakarta juga.
Karena lembaga-lembaga ini nggak akan peduli dengan apapun kondisimu.
Ini kutulis tanggal 1 Februari 2019.
Baca sampai selesai!

Sebelum ke luar negeri, tentu kita butuh dong yang namanya visa. Visa kita akan terbit setelah kita membuat janji temu di kedutaan, atau terserah sih, pokoknya sesuai dengan ketentuan dari kedutaan negara tujuan. Apalagi kalau ke luar negerinya dalam rangka untuk studi. Pada tulisan ini, aku pengen coba jelasin sedikit mekanisme terkait pengurusan beberapa berkas sebelum studi ke luar negeri, yaitu soal legalisasi berkas-berkas penting kayak SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), Ijazah dan transkrip S-1, Akta Kelahiran, dan lain-lain.

Mungkin tiap negara tujuan itu berbeda-beda ketentuan. Nah, kebetulan, aku kan keterima di Masaryk University Republik Ceko nih buat kuliah S-2 (semoga bisa berangkat. balik lagi sih sama ketentuan Yang Maha Kuasa). Kampus tujuanku nyaratin bu…