Memanfaatkan Sticky Notes


Tau sticky notes? Kerta kecil-kecil yang bisa ditempelin di mana-mana itu.. Itu berguna banget! Saya sendiri ngerasain bergunanya sticky notes. Dia semacam pengingat gitu. Mengingat diri ini tidak punya pacar atau pasangan hidup, jadi yaa yang bisa bantu ngingetin cukup sticky notes dulu hehe. Sticky notesnya ngga perlu yang gede, kecil aja sudah cukup.

Manfaat luar biasa sticky notes sebagai pengingat bisa bermacam-macam. Saya jelasin, ya!

  1. Sebagai Pengingat Prioritas Pekerjaan. Kalau anda sedang banyak pekerjaan dan tugas tapi bingung mau ngerjakan yang mana, gunakanlah sticky notes! Caranya: a) tulis satu per satu tugas-tugas juga pekerjaan anda di tiap lembar sticky notes. Tulis satu, tempel satu. Silahkan tempel di meja belajar atau mungkin di laptop. Saya biasa di laptop atau di meja belajar. Lebih baik di meja belajar biar lebih rapi, kalau di laptop justru akan mengganggu pekerjaan anda karena terkesan berantakan. Setelah semuanya tertulis dan tertempel, b) tentukan prioritas dari setiap kertas yang di tempel. Anda tentu tahu ada 4 bentuk prioritas, yaitu: penting dan mendesak, penting dan tidak mendesak, tidak penting dan mendesak, tidak penting dan tidak mendesak. Tentukan saja. Misal kalau penting dan mendesak, anda bisa tandai dengan angka 1 di sticky notes yang bertuliskan pekerjaan yang
    Sticky notes bentuk panah untuk di buku
    prioritas tinggi itu. 
  2. Sebagai Pengingat Bacaan. Poin ini bisa multifungsi. Bisa sebagai pengingat sampai mana bacaan kita, atau bisa pengingat hal-hal penting yang sudah kita baca di suatu buku, agar memudahkan kita menemukan kalimat-kalimat penting di buku tersebut ketika membacanya lagi. Cara ini asyik karena tidak merusak buku. Tidak perlu melipat buku, menandai dengan stabilo atau bahkan ballpoint. Anda bisa menggunakan sticky notes bentuk persegi, atau yang persegi panjang kecil, bahkan berbentuk panah. Bebas, senyamannya anda :)
  3. Sebagai Pengingat Praktis yang Bisa Dibawa Kemana-mana. Artinya, sticky notes bisa menjadi media pengingat apapun bagi anda yang mungkin sulit mengingat sesuatu. Misal, anda ingin pergi ke toko buku untuk membeli beberapa buku yang anda butuhkan. Jika anda kesulitan mengingat, cukup gunakan sticky notes. Tulis kebutuhan anda di sticky notes, tempel di belakang telepon genggam anda atau di manapun yang membuat anda mudah menemukannya. Atau juga bisa ketika anda ingin mengontrol aktivitas anda selama seharian, cukup tulis deretan aktivitas yang akan anda lakukan hari ini di sticky notes agak besar, lalu tempelkan di tempat-tempat yang sekiranya membuat anda merasa mudah untuk teringat, seperti bagian belakang telepon genggam, dompet, buku catatan, spidometer motor, dan lain-lain.

Begitulah manfaatnya. Jika anda menemukan manfaat positif lain dari sticky notes, bisa anda bagikan di kolom komentar :)

Komentar